KEGIATAN SEMINAR “Perempuan dalam arus sejarah “

MGMP Sejarah DKI mengadakan  Seminar sehari

Seminar sehari  bertema “ Perempuan dalam arus sejarah  “ terlaksana  berkat adanya kerjasama antara  Dinas Sosial  Propinsi DKI Jakarta dengan MGMP Sejarah DKI  diadakan  sesuai dengan jadwal MGMP Sejarah yaitu Jumat, 30 September 2011.

selengkapnya …..

Pada sesi  paparan,  sebagai narasumber pertama , Ratna Hapsari memaparkan tentang posisi Perempuan dalam arus sejarah Indonesia  terlebih dahulu  menampilkan  seorang tokoh dewi dalam agama Hindu yaitu Dewi Saraswati yang dalam Hindu dipuja sebagai Dewi Ilmu Pengetahuan. Seperti yang diuangkapkan bagaimana  ratna hapsari sedemikian  terpesona  dan mengidolakan  tokoh  dewi tersebut, walaupun bukan sebagai penganut Hindu. Dewi Saraswati  yang ditampilkan sedemikian cantik dengan multi intlegensi, bertangan empat,  masing-masing memegang berbagai simbul ilmu pengetahuan dan seni. Dalam kaitan dengan  peristiwa sejarah, Ratna Hapsari lebih lanjut memaparkan bahwa perempuan pun memiliki posisi yang tidak kalah dengan pria.

Dalam beberapa episode sejarah, perempuan selalu tambil  cukup dominan. Sebagai contoh :  adat tokoh Ratu Simo dari kerajaan Holing, Raja Patni dan Tribhuana Tunggadewi , Suhita di Majapahit,  Di Aceh,  sekitar th. 1641 ada empat putri raja yang naik tahta, Tokoh ratu Kalinyamat  di Mataram , Nyai Gede Wanogiri  di Banten, sampai dengan Cut Nyai Dhien, Maria Christina Tiahahu, Bahkan RA Kartini.

Bagian akhir paparan disinggung tetangga Undang-undang Perkawinan tahu 1974 yang pada dasarnya memberi peranan pada pria lebih diminan dari perempuan. Walapun demikian tidak menutup kemungkian  perempuan untuk berprestasi. Walaupun demikian Ratna Hapsari menyadari  masih terasa adanya ketimpangan pencitraan perempuan  baik secara individual  maupun kolektif. Bukan hal yang muda untuk bisa tampil kedepan  bersaing dengan  para pria, perlu perjuangan dan waktu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s