Workshop Pemberdayaan MGMP

Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, MGMP Sejarah Kota Administrasi Jakarta Timur mengadakan kegiatan  Workshop penyusunan modul  Sejarah  ( dalam Kegiatan bertema PEMBERDAYAAN MGMP ) .  Kegiatan ini dibiayai dari Blockgrant Sudin Pendidikan  Jakarta Timur, diadakan  dari tanggal 13 s.d. 15  September 2012 dengan mengambil tempat di ruang  AV SMA Negeri 48 Jakarta Timur.  Kegiatan  diikuti oleh  35 orang, sehingga tidak semua sekolah dapat mengirimkan gurunya , karena memang anggaran yang belum mencukupi.  Narasumber nya adalah  Penasehat MGMP  Sejarah DKI  Jakarta, yang merupakan  praktisi pendidikan, Dr. Ratna Hapsari.  Acara Pembukaan dilaksanakan pada pukul 10.00 , dibuka  oleh  Ka Sudin Pendidikan Jakarta Timur Dr.Hj. Rita Aryani , didampingi oleh  Kasi Tendik  Sudin Pendidikan Jakarta timur Dra. Hj. Rostakari, MM.  Pada saat pembukaan hadir dan memberi sambutan Kepala SMA Negeri 48, Drs. Masduki.  Pada Sambutannya  Kepala Sudin yang biasa  memberi sambutan dengan semangat, memotivasi guru-guru yang hadir untuk terus ber upaya meningkatkan mutu pembelajaran khususnya untuk Jakarta Timur.  Tahun 2012, Jakarta timur meraih peringkat I di DKI dalam UN, tapi secara nasional DKI  pengalami penurunan dari peringkat 13 tahun 2011 ke peringkat 15 tahun 2012. Oleh karena itu guru sebagai ujung tombak  wajib  meningkatkan kemampuan agar kita ( DKI ) Jakarta untuk tahun 2012-2013  mampu  mengangkat peringkat nasional.  Pada saat pembukaan tersebut, bergabung juga  guru-guru dari MGMP Kimia Kodya Jakarta Timur

Panitia dan narasumber dengan berbagai upaya memotivasi peserta,  agar tugas yang limpahkan pada peserta dapat terselesaikan  sesuai dengan waktunya. Ternyata  sangat  manjur, walaupun hanya satu semester dengan sistem kelompok, ternyata dapat terselesaikan dengan baik. Sehingga panitia merasa lega dan tenang karena akan dapat melaporkan hasil kerjanya.

Pada saat hari terakhir, setelah mengumpulkan tugas, peserta  meminta kegiatan ini dapat dilanjutkan tanpa menunggu biaya dari lembaga lain, tetapi dapat dengan swadaya.  karena ada rencana  akan dilanjutkan dengan penyusunan  Modul untuk semester  Genap tahun 2012-2013 sehingga dapat langsung digunakan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu   MGMPdiharapkan  merancang kegiatan lanjutan.

Penulis hanya dapat mendokumentasikan kegiatan tersebut sebagai berikut  !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s