Hasil diskusi dan Undangan Seminar

Simpulan hasil pertemuan pengurus MGMP Sejarah DKI Jakarta
Jumat, 26 April 2013 di SMAI Al Azhar Kelapa Gading,
Jl. Bulevar Timur Kelapa Gading Jakarta Utara

Yang hadir
1. Drs. Warsono, Ketua
2. Drs, Listyanto, M.Si, Wakil Ketua
3. I Wayan Sumendra, Sekretaris
4. Dra. Nahliah, Sie Sosial
5. Dra. Purwani, Sie Sosial
6. Dra. Sri Yarti, M.Si, Humas, Korwil
7. Dra. Rita Kamalia, Humas, Korwil
8. Rian, SMAI Al Azhar
9. Faqih J, SMA 18

Penyampaian oleh Ketua

1.Berkaitan dengan Kurikulum 2013 ( Drs. Warsono ikut terlibat dalam penyusunan kurikulum Sejarah ) sampai saat ini belum ada kepastian karena Standar Inti belum 100 % jadi . ada kemungkinan setiap daerah pelaksanaanya 5 %. Sebenarnya permasalahnnya bukan kurikulumnya tapi kompetensi gurunya yang perlu ditingkatkan. Peran guru pada kurikulum baru ini hanya sebagai fasilitator dan pembelajaran bersifat student centered.

2.MGMP sebagai ujung tombak dalam rangka mengembangan wawasan dan kompetensi guru-guru, tetapi tidak ada perhatian dari pemerintah baik secara personal ( pengurus ) maupun secara organisatoris, walaupun ada dalam struktur dinas. Oleh karena itu kepengurusan lebih bersifat sosial. Untuk berbagai kegiatan diharapkan seluruh pengurs maupun mungkin anggota, jangan menggantungkan kegiatan pada Ketua, diharapkan berinisiatif untuk mengembangkan kegiatan dengan dukungan seluruh pengurus. Sehingga tidak hanya dijadikan objek pengerahan masa dalam sebuah kegiatan. Kita MGMP memiliki banyak jaringan dan kerjasama dengan lembaga-lembaga , baik lembaga pemerintah maupun swasta seperti Dinas Sosial, Dinas Pariwisata, LSM dll. Kita tetap berusaha mengirimkan perwakilan MGMP untuk terjalinnya kerjasama dengan lembaga tersebut.

3.Kepengurusan tingkat Kodya mohon digiatkan, kepengurusan Jakarta timur , utara dan pusat sudah cukup aktif sementara selatan dan barat mungkin perlu motivasi lebih untuk dikembangkan.

4.Permasalahan yang ada sebagai penghambat diantaranya :

Komunikasi yang tidak lancar, berbagai informasi sudah disebarkan baik melalui Webb, Email, sms maupun fax, mohon ada tanggapan. Informasi dilakukan melalui email.
Kegiatan lebih banyak mendadak, karena dipengaruhi oleh persiapan dengan lembaga kerjasama. Seperti saat ini seharusnya ada kegiatan dengan Dinsos, tetapi dibatalkan, diundur menjadi Mei .
Ada beberapa anggota pengurus karena kesibukannya tidak bisa aktif.
Kita kesulitan mendapatkan tempat kegiatan yang mudah terjangkau oleh seluruh guru. Kita berencana pusat kegiatan di SMA 68 Salemba, tapi sampai saat ini belum sekalipun mendapatkan ijin untuk kegiatan karena tidak ada ruangan.
SMA 70, 6, selalu siap, tetapi kita tidak ada pengurus disana sehingga kita akan kesulitan bila ada kegiatan, Demikian juga SMA 1 kadang kala siap, tapi kita harus dengan waktu yang agak lama. Sekolah lain siap ( SMA 48, 107, 71 ) tapi sulit terjangkau oleh anggota.
5.Beberapa masukan dari anggota.
Rian SMA Al Azhar :
•Restrukturisasi kepengurusan dengan melibatkan swasta
•Waktu dan tempat perlu dievaluasi dan direncanakan dari awal
•Jalin kerjasama dan komunikasi dengan anggota
•Dimotivasi melalui sertifikat dengan tandatangan ketua
•Kegiatan dengan momen-momen penting.
Rita Kamalia
•Komitmen untuk memajukan kedepan apa ?
•Program disusun bersama dan dikerjakan
•Melibatkan negeri dan swasta
Sri Yarti dan Nahlia
•Kerjasam antara kodya dengan lembaga serta program-program tertentu dapat dijadikan sebagai kegiatan tingkat DKI.
•Sedang penjajakan untuk dinas Pariwisata untuk ke pulau Onrus, serta kedutaan Belanda untuk kegiatan seminar.
•Semua Kodya memiliki email seperti utara, sehingga infonya dapat cepat tersebar
Ketua
•Sekretaris jangan bosan bekerja, SMS mohon dijawab.
•Kepengurusan dengan melibatkan swasta ( ketua ) akan sulit kerjasama dengan dinas dan kegiatan melibatkan swasta hanya dihadiri sekitar 10% dari undangan untuk swasta.

Demikian antara lain diskusi dan tanyajawab pada pertemuan pengurus, sayangnya tidak ada dokumentasi foto sebagai pendukungnya.

Notulis.
I Wayan Sumendra
Sekretaris.

Berikutnya akan ada kegiatan Seminar Sehari kerjabareng MGMP Sejarah DKI dengan Depsos DKI Jakarta, Jumat tgl 24 Mei 2013 di SMA negeri 2 Jakarta, Jl. Gajah Mada 175 Jakbar pukul 08.00.
Bagi Teman-teman yang bersedia datang, silahkan, undangan akan dibagikan di lokasi, tetapi mohon konfirmasi ke 0815 1951 7551 / iwayansumendra@yahoo.co.id agar teradmnistrasi dengan baik
terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s