Seminar Pendidikan Nasional ( Sejarah )

KEGIATAN SEMINAR PENDIDIKAN NASIONAL
MENYONGSONG KURIKULUM SEJARAH TAHUN 2013
SABTU, 18 MEI 2013, PUKUL 08.00 – 17.30

Seminar ini dilaksanakan oleh Asosiasi pendidik dan Peneliti Sejarah ( APPS ) yang bekerjasama dengan Jurusan Sejarah FIS UNJ sebagai lanjutan kongres APPS dan dies natalis Jurusan Sejarah FIS UNJ. ( Ketua APPS adalah Prof.Dr. Hasan Hamid, ( guru besar UPI Bandung ) ketua kegiatan adalah Dr. Umasih ketua jurusan Sejarah FIS UNJ.
Pelaksanaan kegiatan Seminar sesuai dengan jadwal yang di bagikan oleh panitia .
Seminar dimulai pukul 08,.30. yang dibuka oleh Wamen Bidang pendidikan Depdikbud,
Prof Dr.S. Musliar Kasim, M.S didampingi olek ketua APPS yang guru besar UPI Bandung Prof.Dr. Hasan Hamid. Dalam pidatonya, wamen menyampaikan tentang proses lahirnya Kurikulum 2013, sampai dengan alasan memasukkan pelajaran Sejarah sebagai pelajaran inti. Disinggung juga tentang perubahan pemberlakuan kurikulum 2013 akibat dari dipangkasnya anggaran. Rencananya Juli 2013 – 2014, seluruh sekolah memberlakukan kurikulum tersebut, tetapi berubah menjadi sekolah-sekolah ex RSBI dan sekolah dengan akreditasi A. Diluar itu dipersilahkan memilih bila mau melaksanakan, konsekwensinya adalah membiayai sendiri pengadaan buku-bukunya.
Wamen juga menyampaikan bahwa buku pendukung belum seluruhnya dapat disiapkan dan diperbanyak, baru hanya sekitar 3 – 5 mata pelajaran termasuk Sejarah. Mungkin dalam waktu dekat ( seminggu ) akan di distribusikan ke sekolah-sekolah.
Setelah Wamen cukup banyak memeparkan tentang Kurikulum dan buku pendukung, wamen langsung membuka seminar, dilanjutkan dengan doa. Karena kesibukannya langsung meninggalkan pertemuan tersebut.
Setelahcoffee Break, acara dilanjutkan dengan menampilkan 3 pembicara yaitu Prof Dr. Hamid Hasan dengan tema Kurikum pendidikan Sejarah ; Dr. Amu…… sebagai pengganti Drs. Endjat D, dengan tema Kesadaran Sejarah ; Dr. Herry Widiastomo, M.Pd Puskurbuk Depdikbud, dengan tema Kurikulum 2013.
Prof Dr. Hamid Hasan, mendapatkan giliran pertama memaparkan berbagai hal berkaitan keberadaan Sejarah sebagai salah satu mata pelajaran inti. Disamping juga sebagai salah satu mata pelajaran peminatan, sehingga jam pelajaran sejaran menjadi 5 jam per minggu. Selain itu juga dipaparkan tentang Prinsip-prinsip, ruang lingkup dan tujuan pelajaran Sejarah pada Kurikulum 2013. ( materi terlampir ). Banyak hal yang dipaparkan termasuk pengembangan Kompetensi inti dan Kompetensi dasar. Materi yang dipaparkan cukup mendasar dan kritis karena Prof. Hamid ini sebagai koordinator Penyusunan Kurikulum 2013.
Giliran ke 2, memaparkan materi , Dr. Amu ….. tentang kesadaran Sejarah dan, ketiga Dr. Herry Widiastomo, M.Pd Puskurbuk Depdikbud, dengan tema Kurikulum 2013. Materi terlampir. Dari paparan ke 3 narasumber tersebut diberi kesempatan 3 penanya dalam 2 sesi. Pertanyaan lebih banyak berkaitan dengan Kurikulum 2013 disamping ada pertanyaan tentang pengembangan KI dan KD Sejarah. Sehubungan waktunya sudah tidak memungkinkan, Seminar sesi 2 diakhiri, dilanjutkan dengan Isoma.
Setelah makan siang, tepat pukul 13.00 dilanjutkan sesi berikutnya, tetapi peserta seminar dibagi 2 kelompok, karena ada cukup banyak materi dan nara sumber yang akan memaparkan materi. Peserta bebas memilih kelompok tsb. Penulis memilih kelompok 1 dengan beberapa pertimbangan. Dan inipun terdisi dari 2 sesi yang diselingi dengan cooffebreak. Ada 8 orang yang berbicara terbagi 2 sesi, 4 orang sesi 1 dan 4 orang sesi 2. Mereka berasal; dari berbagai daerah sebagai peserta Kongres APPS, yang mengajar ( Dosen ) di PT luar Jakarta ( ada dari Banten, Maluku, Bali ) daftar terlampir. Sayangnya tidak ada materi paparan yang dibagikan, hanya dalam bentuk paparan di powerpoint.
Dilihat dari konten materi sangat baik, dan mengena untuk dapat dipraktikkan di sekolah, walaupun akan terjadi beberapa masalah. Dari segi Penyampaian materi juga sangat baik, karena mereka adalah Dosen, bahkan ada yang Profesor, yaitu Prof Dr. Made Ardana dari Udayana. Jangkauan materi dan wawasannya sangat luas menyangkut nasionalisme daerah perbatasan. Karena menariknya materi itulag kegiatan diskusinya sampai melewati waktu. Pukul 15.35 acara seminar secara resmi ditutup.

Pada saat menjelang kegiatan, penulis bertemu dengan beberapa anggota MGMP termasuk para pengurusnya, dan ada pembicaraan untuk lebih meningkatkan kegiatan MGMP.

Sekretaris

I Wayan Sumendra
DSC03722

DSC03723

DSC03724

DSC03725

DSC03727

DSC03728

DSC03729

DSC03730

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s