DIALOG SEJARAWAN-GURU SEJARAH

MGMP  Sejarah DKI Jakarta  sessuai dengan programnya, mengadakan kegiatan untuk mengembangkan wawasan guna menunjuang kegiatan pembelajaran. Disamping  berkaitan dengan  strategi pembelajaran, juga tentang  materi  atau bahan ajar.

Untuk  Bulan September 2913, dirancang dialog antara Guru Sejarah dengan Sejarawan berkaitan dengan materi ajar di kelas XII  yang sering tidak terbahas dengan tuntas yaitu  gerakan PKI  G.30.S / PKI   dengan tujuan  guru sejarah memiliki gambaran yang lebih jelas tentang peristiwa tersebut.

Kegiatan dilaksanakan di  Auditorium  SMA  Labschool Rawamangun  Jakarta  yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya,  Sambutan ketua MGMP Sejarah  DKI  Jakarta  Drs. Warsono, dilanjutkan dengan   Sambutan  Kepala Sekolah SMA Labschool Rawamangun Jakarta,  Drs. Fakhrudin.

Narasumber yang dihadirkan adalah  DR. Asvi Warman Adam *, Seorang Sejarawan yang sudah sangat dikenal oleh guru-guru Sejarah, Disamping itu  Sejarawan muda yaitu Alfian Tanjung  yang  mengaku sebagai  generasi muda sangat anti terhadap bangkitnya PKI.

Sesi pertama  DR. Asvi Warman  memaparkan materi tentang  PKI  yang didalam handhout dibawah ini, tetapi dengan paparan yang lebih luas.

TENTANG ISTILAH

v  “G30S”

v  G30S/PKI

v  Gestapu

v  Gestok

PELAKU/KORBAN & MOTIF

v  PKI

v  INTERN ANGKATAN DARAT à DIPONEGORO à jaringan Madura di  lapangan .

v  SOEKARNO à Dake, Fics, Martens

v  SOEHARTO (KUDETA MERANGKAK) à MPRS

v  CIA  àdeclassified  archives

v  Pidato Nawaksara  3 penyebab

SIAPA YANG UNTUNG/RUGI ?

  • SOEKARNO PALING DIRUGIKAN
  • SOEHARTO PALING DIUNTUNGKAN

DAMPAK G30S

v  6 JENDERAL TEWAS

v  500.000 ORANG TERBUNUH

v  PARTAI KOMUNIS KETIGA DI DUNIA DILARANG

v  POLITIK LUAR NEGERI BEBAS AKTIF JADI PRO BARAT

v  PEMBANGUNAN EKONOMI TERGANTUNG UTANG DAN MODAL ASING

v  ASAS TUNGGAL

GURU @ KURIKULUM

v  Kurikulum 1984, 1994 dan revisi 1999

v  Kurikulum 2004 (Kurikulum Berbasis Kompetensi)

v  Kurikulum 2006 (KTSP)

v  Pelarangan Buku Pelajaran Sejarah 2007

v  Kurikulum 2013

GURU & MEDIA

v  Pemanfaatan teknologi informasi

v  Situs bersejarah

v  Film dokumenter, film cerita, program TV

Disamping itu,  Asvi warman juga menyinggung tentang  Surat Terbuka Kepada Presiden   REHABILITASI SOEBANDRIO !  sebagai bentuk pembelaan  tentang  tidak terlibatnya  dalam  Peristiwa G.30.S / PKI  serta  memiliki andil cukup besar terhadap Republik ini.

Kemudian  pada sesi 2 Alfian Tanjung mulai memaparkan materinya yang juga berpegang pada handout yang dibagikan oleh panitia.  Paparan yang diungkapkan menunjukkan  betapa antusias nya  Alfian Tanjung  yang anti pada PKI.  Pada handoutnya  sebagian  seperti dibawah ini.

MENYIKAPI KEBANGKITAN  PKI

Oleh   Alfian Tanjung

Pada acara  dialog  Sejawawan – Guru Sejarah tentang  G.30.S / PKI

A. Kebangkitan yang disepelekan  oleh  dan karena  :

> Oleh pelaku Sejarah  karena

1. minim  atau tidak adanya peninggalan berupa buku atau dokumentasi baik   tertulis maupun audio visual mengenai gerakan PKI.

2. Kekompakan internal dalam merespon gerakan PKI

3. Terpolarisasikan secara acak dan tidak terinventarisi sehingg urusan melawan gerakan PKI tidak terkelola dengan baik secara nasional.

  • Oleh Generasi Muda, karena  :
  1. Tidak mendapatkan asupan info  mutakhir tentang gerakan PKI
  2. Berada pada jaman yang membuat mereka tidak sadar akan PKI
  3. Muncul sebagai generasi yang instant, malas berfikir dan tidak mau berproses. Akibatnya gerakan PKI berkembang dengan subur dan cepat.
  • Oleh Pemerintah, karena
  1. Kurang ketat dalam seleksi PNS, legeslatif, pejabat public dan institusi lainnya termasuk AMN  dan AKPOL terhadap anasir PKI.
  2. Tidak menggunakan aturan yang ada dalam mengelola Negara, yakni dalam menyikapi gerakan PKI seperti Tap MPRS/XXV/1966 dan UU no. 27 / 1999 mengakibatkan kesenjangan dan konflik yang berkepanjangan.

Gerakan melawan  PKI

  1. mempertahankan landasan Undang-undang atau kekuatan hokum tetap, dan ditambah dengan peraturan atau ketentuan lain seperti Fatwa MUI tentang haramnya ideologi Kominisme di muka bumi ini. Hal tersebut disosialisasikan secara luas melalui berbagai media secara intesif dan bervariasi dengan frekuensi tinggi.
  2. Dibangunnya kembali kesatuan aksi  dari berbagai profesi dalam rangka ,menghadapi kebangiktan PKI sebagai bentuk perlawanan rakyat semesta. Kalau dulu ada KAPPI, KAPI, KAGI, KAMI, dll, yang diikuti oleh berbagai elemen gerakan anti Komunis / PKI dari berbagai kalangan diseluruh tanah air terutama dibasis PKI.
  3. Apara baik TNI / POLRI dan pihak-pihak terkait bersinergi dengan kekuatan aksi perlawanan yang telah dibangun dan atau dengan kesatuan perlawanan yang sudah ada untuk mengganyang PKI sampai ke akar-akarnya demi keutuhan NKRI yang diberkahi Allah swt.

Setelah kedua pakar menyampaikan materi, guru dipersilahkan untuk bertanya atau memberikan argumentasi. Guru yang sangat antusias dan tertarik  menyimak , memberikan beberapa pandangan  tentang peristiwa tersebut, disamping ada beberapa pertanyaan. Walaupun tidak semua pertanyaan mendapatkan jawaban yang memuaskan, tetapi karena waktunya sangat terbatas , argumentasi dan pertanyaan pun dibatasi.

Acara dialog  diakhiri karena baik narasumber maupoun peserta  akan sholat Jumat Dialog yang dipandu oleh  Sumardiansyah Perdana K yang sering dipanggil Rian dari  SMA  Al Azar  Kepala Gading berakhir pukul  11.45.

Satu hal yang menarik adalah undangan  yang terkirim sekitar  untuk  60 orang guru tetapi yang hadir  83 orang , sehingga persediaan pendukungnya ( konsumsi, Serifikat, Cd  dan handout ) jadi kurang, sehingga  panitia mohon maaf belum semua guru dapat CD dan Sertfikat, dan berjanji akan mengirimkan lewat pos.

Demikian catatan dan informasi ini dibuat,  bagi guru yang berkenan memberi masukan  dan atau ada artikel yang  ingin ditayangkan, silahkan kirim ke  :

mgmpsejarahsmadki@gmail.com

isumendra@gmail.com

081519517551

Terima kasih

I Wayan Sumendra

Sekretaris

DSCF4747 DSCF4749 DSCF4750 DSCF4751 DSCF4752 DSCF4753 DSCF4754 DSCF4755 DSCF4756 DSCF4757 DSCF4758 DSCF4759 DSCF4760 DSCF4761 DSCF4762 DSCF4763 DSCF4764 DSCF4765 DSCF4766 DSCF4767 DSCF4768 DSCF4769 DSCF4770 DSCF4771 DSCF4772 DSCF4773 DSCF4774 DSCF4775 DSCF4776 DSCF4777 DSCF4778 DSCF4779 DSCF4780 DSCF4781 DSCF4782 DSCF4783 DSCF4785 DSCF4786 DSCF4787 DSCF4788 DSCF4789 DSCF4790 DSCF4791 DSCF4792 DSCF4793 DSCF4794 DSCF4795 DSCF4796 DSCF4797 DSCF4798 DSCF4799 DSCF4800 DSCF4802 DSCF4803 DSCF4804 DSCF4805 DSCF4807 DSCF4808 DSCF4809 DSCF4810 DSCF4811 DSCF4812 DSCF4813 DSCF4814 DSCF4815 DSCF4816 DSCF4817 DSCF4818 DSCF4819 DSCF4820 DSCF4821 DSCF4822 DSCF4823 DSCF4824 DSCF4825 DSCF4826

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s