PELATIHAN PENGEMBANGAN MATERI DAN PENILAIAN

FIS Jurusan Sejarah UNJ dalam rangka melaksanakan satu dari tri dharma perguruan tinggi tahun 2014, bekerjasama dengan MGMP Sejarah Propinsi DKI Jakarta mengadakan pelatihan Pengembangan materi dan penilaian Sejarah.
Kegiatan diadakan pada Jumat, 31 Oktober 2014 bertempat di lantai 8 gedung Sertifikasi Guru UNJ, dihadiri guru-guru sejarah SMA-MA- SMK DKI Jakarta serta beberapa mahasiswa jurusan Sejarah UNJ.
Narasumber adalah ahli pendidikan Sejarah sekaligus ketua tim penyusunan Kurikulum Sejarah Prof.Dr. S.Hasan Hamid MA, ( UPI Bandung ) dan Drs. Fahkrudin, M.Si Fasilitator nasional dan penanggungjawab cluster Sejarah DKI( Dosen UNJ ) . Pemandu / moderator Dra. Budiadi M.Pd.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya oleh seluruh yang hadir , dilanjutkan dengan sambutan Ketua panitia Dr. Umasih ( Dosen UNJ ) Pada samutannya , Dr. Umasih menyampaikan beberapa hal tentang pengembangan materi Sejarah di SMA khususnya yang masih perlu mendapatkan perhatian, demikian juga berkaitan dengan penilain. Oleh karena itu lah FIS Sejarah memfasilitasi kegiatan pelatihan ini. Disamping juga pertemuan hari ini berkaitajn dengan pembenatukan pengurus Asosiasi Pendidik dan Peneliti Sejarah ( APPS ) Propinsi DKI Jakarta. APPS merupakan asosiasi antara pengajar Sejarah ( Guru+Dosen ) serta para peneliti agar terjadi kerjasama ( sinergi ) untuk meningkatkan pemahaman terhadap Sejarah.
Adapun materi yang disampaikan oleh Prof Hamid Hasan berkaitan dengan pengembangan materi Sejarah yang diajarkan pada tingkat SMTA ( SMA + MA + SMK ) materi terlampir.
Disamping itu Prof Hamid juga menyampaikan beberapa hal yang berhubungan dengan rancangan dan pelaksanaan Kurikulum 2013 khususnya dalam mata pelajaran Sejarah.
Selanjutnya Drs. Fakhrudin menyampaikan materi berkaitan dengan implementasi Kur 13 khususnya pada mata pelajaran Sejarah. Sistem cluster dan pendampingan. Sistem pendampingan dilaksanakan untuk menularkan berbagai hal yang berhubungan dengan pembelajaran sesuai Kur 13.
Disamping pemaparan materi tersebut, juga ada tanyajawab antara peserta dengan narasumber tang kaitannya tetap pada pelaksanaan Kur 13.
Acara terakhir adalah pelantikan pengurus APPS DKI Jakarta yang diketuai oleh Dr. Umasih didampingi dengan beberapa dosen dan guru secara terstruktur. Pengurus dilantik oleh Prof Hamid yang merupakan ketua Umum APPS nasional berkedudukan di Bandung.

Jakarta, 1 Oktober 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s