SEMINAR NASIONAL ” PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI DI 8 WILAYAH “

SEMINAR NASIONAL
Proklamasi Kemerdekaan RI di 8 Wilayah
Jakarta, 30 Oktober 2014

Dalam rangka mempenringarti Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober dan turut serta mensukseskan Gerakan Nasional Cinta Museum ( GNCM ) Museum Perumusan naskah Proklamasi untuk tahun 2014 mengadakan kegiatan Seminar Nasional dengan tema “ Proklamsi Kemerdekaan RI di 8 wilayah “
Kegiatan yang diadakan pada Kamis, 30 Oktober 2014 bertempat di ruang auditorium Gedung B Museum Nasional, Jln Merdeka barat No. 12 Jakarta pusat yang diikuti oleh berbagai kalangan dan berbagai wilayah diantaranya : perwakilan 17 perguruan tinggi Negeri dan swasta Jawa, Sumatra,Kalimantan , Sulawesi, Perwakilan dari keluarga Pejuang dari berbagai daerah, perwakilan dari berbagai museum, Perwakilan dari beberapa organisasi kesejarahan, Komunitas kesejarahan, perwakilan dari Guru ( MGMP ) SMP dan SMA, dan perwakilan media, dengan jumlah pserta sekitar 160 orang ( laporan ketua Panitia )
Narasumber terdiri dari orang-orang yang memang ahli dibidangnya seperti Prof.Dr. Taufik Abdullah ( ketua komisi Ilmu social Akademi Ilmu Pengetahuan Indoneia ) sebagai Keynote speaker ; Prof.Dr. Gusti Anan ( Univ. Andalas ) ; Prof Dr. Wasino ( Unesa ) ; Dr. Saleh.A. Djamhari ( UI ); Dr. Tunjung Wardana ( Univ. Lambung Amangkurat ); Dr. Abdurakhman ( UI ) Dr. Abdul Syukur ( UNJ ) .
Maksud dan tujuan dari Seminar ini adalah ( menurut buku pedoman ) :
1. Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan bangsa Indonesia dalam wadah NKRI.
2. Menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan generasi muda
3. Mengetahui wilayah-wilayah dan bentuk perjuangan di daerah pada saat berdirinya Negara Kesatuan RI.
Sementara hasil yang diharapkan antara lain :
1. Kontribusi pemikiran filosofis dan faktual tentang proklamsi terkait dengan peristiwa kemerdekaan dengan perisyiwa kemerdekaan di 8 wilayah beserta dampaknya.
2. Pemantapan pemikiran untuk menguatkan rasa kebangsaan dan patriotism bangsa Indonesia khususnya generasi muda.
3. Pengembangan konsep-konsep dalam penyusunan program kegiatan Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

Kegiatan seminar dibuka oleh Direktur Jendral Kebudayaan Kemedikbud Kacung Marijan setelah terlebih dahulu menyanyikan lagu Indonesia raya dan laporan panitia oleh Kepala Museum Perumusan Proklamasi , Huriyati.
Setelah dibuka dilanjutkan dengan penyampaian paparan oleh Prof.Dr. Taufik Abdullah sebagai keynote speaker. Judul makalah yandg disampaiakn adalah Proklamasi dan kisah dari delapan propinsi. Paparan inilah mengawali paparan lainnya oleh narasumber yang berbeda. Setelah paparan keynote speaker dilanjutkan dengan 3 narasumber memaparkan makalah masing-masing yang dilanjutkan dengan tanyajawab. Sesi pertama ini diakhiri dengan ishoma.
Pukul 13.30 dilanjutkan dengan paparan 3 narasumber berikutnya dengan penyampaikan makalah proklamasi didaerah lain. Sama dengan yang pertama dilanjutkan dengan diskusi/tanyajawab. Sangat disayangkan sesi tanyajawab baik sesi 1 maupun sesi 2 sangat terbatas, sehingga belum mampu menermpung pertanyaan dari peserta. Kegiatan diakhir dengan penyampaian rekomendasi seminar oleh perwakilan tim perumus, dan ditutup oleh kepada Museum perumusan naskah proklamasi Huriyati. ( materi dalam bentuk makalah/ handout dijilid )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s