LAPORAN PELAKSANAAN WORKSHOP SEJARAH

Tindak lanjut dan akhir dari kegiatan workshop adalah penyusunan laporan sebagai berikut :

LAPORAN KEGIATAN WORKSHOP GURU SEJARAH TINGKAT SMA 2015
PROPINSI DKI JAKARTA

I. PENDAHULUAN
A. LatarBelakang
Sebagai salah salah satu upaya sistimatis yang dilakukan Direktorat Sejarah dan Nilai Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan kualitas pemahaman kesejarahan yang sesuai dengan kepentingan nasional, yakni menjadikan pembelajaran sejarah sebagai wahana pengingat, pengikat dan penyemangat untuk membangun bangsa dan Negara Republik Indonesia, maka perlu diselenggarakan suatu kegiatan para guru sejarah SMA. Pelaksanaan kegiatan workshop kesejarahan guru sejarah di propinsi DKI Jakarta merupakan kegiatan pengembangan metode pembelajaran yang inovatif. Kegiatan ini merupakan suatu kegiatan pelatihan (pertemuan) meningkatkan kualitas guru sebagai tenaga pendidik professional dan kualitas pembelajaran sejarah yang mencakup pengayaan materi dan metode pembelajaran sehingga mata pelajaran sejarah menjadi pelajaran yang menyenangkan , menarik, dan bermanfaat bagi penguatan integrasi dan karakter bangsa.

B. Tujuan Kegiatan
Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini agar diperoleh dampak perubahan pandangan, pikiran dan perubahan perilaku para peserta / guru sehingga setelah mengikuti workshop peserta diharapkan :
1.Memiliki bekal pengetahuan khususnya pengajaran sejarah yang mencakup metode dan strategi belajar-mengajar sejarah kelas XII SMA / MA.
2.Memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan metode dan strategi belajar mengajar sejarah di sekolah.
3.Memiliki kemampuan memformulasikan strategi pembelajaran yang baik agar penyampaian materi kesejarahan menjadi lebih menarik dan penyenangkan bagi peserta didik.
4.Memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang metode pembelajaran sejarah yang aplikatif dalam upaya pengembangan dan peningkatan kompetensi guru di bidang sejarah.
5.Meningkatkan motivasi guru untuk memaksimalkan tugas dan kinerjanya dalam rangka menjadi seorang tenaga pendidik yang professional.
6.Mampu memahami dan mengiplementasikan beban kerja guru dengan baik sesuai ketentuan dan kurikulum terbaru.

II.DESKRIPSI KEGIATAN
A.Jenis Kegiatan
Kegiatan ini merupakan kegiatan workshop guru sejarah tingkat SMA di propinsi DKI Jakarta. Selain pemberian materi yang berupa pengayaan materi dan diskusi, para peserta/gutu berdiskusi, praktek mengajar dan analisis KD berdasarkan modul yang dibagikan.

B.Tempat dan Waktu Kegiatan
Acara workshop diselenggarakan di Best Western Kemayoran Hotel pada tanggal 13 – 15 Agustus 2015 .

C.Penyelenggara
Acara workshop ini diselenggarakan atas kerjasama antara Direktorat Sejarah dan Nilai budaya, Direktorat Jendral Kebudayaan, Kementrian Pendidikan Kebudayaan dengan Musyawarah Mata Pelajaran ( MGMP ) Sejarah SMA propinsi DKI Jakarta, berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan propinsi DKI Jakarta.

D.Panitia Kegiatan
Susunan panitia pelaksana kegiatan sebagai berikut
Koordinator / Ketua :
Sekretaris :
Penanggungjawab acara dan persidangan :
Registrasi dan Kepersertaan :

E.Peserta Kegiatan
Para peserta kegiatan ini adalah guru-guru mata pelajaran sejarah tingkat SMA yang telah memenuhi persyaratan. Kegiatan workshop ini diikuti oleh 52 ( daftar terlampir )

F.Narasumber dan Pengajar
Para narasumber kegiatan workshop adalah Dr. G. Ambar Wulan dari UI, Dr Didik Pradoko dari UI, Drs. Abrar M.Hum, dari UNJ, Prof Dr. Susanto Zuhdi,dari UI dan Warsono, M.Pd. dari MGMP Sejarah DKI Jakarta

G.Pelaksanaan Kegiatan Workshop

Hari I ( Kamis, 13 Agustus 2015 )
Pada hari pertama sesi pertama tampil narasumber : Dr. G. Ambar Wulan, dengan materi Perjuangan Mempertahankan Integritas NKRI. Narasumber didampingi oleh moderator Warsono, M.Pd. Karena materi paparan berdasarkan Modul yang telah dibagikan , peserta tidak lagi mendapatkan handout. Bahkan pada paparan narasumber tidak banyak membahas materi yang ada dalam modul, tetapi membahas konsep-konsep sejarah sebagai ilmu. Dari paparan yang disampaikan memunculkan berbagai pertanyaan dari peserta yang tercermin dari pertanyaan pada waktu tanyajawab.

Sesi II setelah istirahat, dipaparkan materi tentang Sejarah sebagai Ilmu oleh Dr. Didik Pradjoko dari UI, didampingi moderator I Wayan Sumendra. Paparan materi banyak mengungkapkan berbagai peristiwa baik didalam maupun diluar negeri yang muncul kepermukaan berdasarkan kajian-kajian sejarah. Disamping itu juga dibahas terkait dengan “ Kemaritiman, Geografi sejarah serta peta sejarah.

Setelah makan malam , materi dilanjutkan dengan dengan kerja kelompok untuk mengkaji materi-materi yang ada dalam modul. Peserta dibagi menjadi 7 kelompok dengan rata-rata 6 anggota campuran dari 5 wilayah. Kajian disiapkan dengan ppt yang akan dipaparkan . Pemandu kegiatan kerja kelompok adalah Dr. Didik Pradjoko, Drs. Abrar, M.Pd dari UNJ serta Warsono, M.Pd. Kegiatan berlangsung sampai pukul 22.15.

Hari II ( Jumat, 14 Agustus 2015 )
Kegiatan dimulai pukul 08.01 dipandu oleh Warsono, M.Pd dan Dra. Sri Yarti, M.Pd dengan narasumber Drs. Abrar, M.Pd dan Dr. Didik Pradjoko.
Yang pertama tampil adalah kelompok 3 Masa Demokrasi Parlementer.
il khususnya pada KD. Yang ternyata perlu disesuaikan KD-KD yang sesuai dengan Silabus. Dilihat dai materi, Modul ini cukup memadai dan cukup bagus dan lengkap walaupun
untuk guru bukan untuk siswa. Usulan kelompok ini adalah modul disesuaikan dengan struktur kurikulum.

Sesi II tampil kelompok 4 dengan materi Demokrasi terpimpin.
Hasil kajian kelompok ada materi dalam modul belum terprogram dan belum disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan . tinjauan politik cupup banyak, tetapi tidak ada tinjauan social dan budaya, sementara perjuaangan Irian barat langsung pada aktivitas meliter tanpa kajian usaha-usaha diplomasi.

Sesi III kelompok 2 materi Perjuangan mempertahankan integritas NKRI.
Terkait dengan struktur KD 4, 5, 6. Dalam modul lebih banyak kajian politik dan meliter kurang dari sisi lainnya. Materi memang cukup luas untuk kepentingan pengembangan materi . untuk melengkapinya didukung dengan refrensi lainnya.
Kelompok 2 juga memaparkan materi ajar yang dibahas di kelas secara singkat .
Dari semua paparan ( ketiga kelompok ) mendapatkan tanggapan dan masukan dari peserta workshop.
Dari beberapa masukan peserta, banyak menyoroti isi modul yang perlu disempurnakan / disempurnakan sehingga dapat dijadikan refrensi utama guru. Beberapa pendapat menyampaikan berkaitan dengan latar belakang penyusun materi, terutama termasuk latar belakang sejarah meliter.

Sesi IV kelompok 5 Indonesia Masa Orde Baru.
Struktur kurikulum pada KD 3.8 , dengan materi Orde baru. Lebih banyak menyoroti materi pembelajaran di kelas . Materi Orde baru baik secara politik, ekonomi, social dan ekonomi budaya.
Materi modul sdh sesuai dan layak sebagai sumber belajar untuk guru, dari segi bahasa cukup bagus, hanya minim gambar ilustrasi.
Usulan : untuk naskah mudol dilengkapi dengan I damasalah Timor-timur. Orde baru mengabaikan isu-isu internasional yang sebenarnya sangat berpengaruh dalam konstelasi politik didalam negeri. Demikian juga materi-materi lainnya yang terjadi masa orde baru.

Setelah sholat Jumat dan makan siang, sesi dilanjutkan dengan paparan dari kelompok 7 dengan materi “ Membalikkan stigma Kolonial“ /Indonesia ditengah arus globalisasi “yang sesuai dengan KD 3.9 dann 3.10

Kajian : Dari segi materi, isi modul sudah cukup memadai, walaupun minim dengan gambar karena dapat memperkuat pemahaman dan mengurangi imajinasi yang berbeda. Kalau memungkinkan bisa ditambahkan dengan peta konsep. Perlu ditambahkan dengan perkembangan teknologi pertanian, peternakan dan kemaritiman.
Disamping kajian modul berkorelasi dengan KD, dipaparkan juga pengembangan materi dalam bentuk powerpoint bahan ajar.
Dari paparan materi yang bersumber dari modul mendapatkan tanggapan dari peserta yang lebih banyak dalam bentuk masukan untuk perbaikan modul, terutama terkait dengan perkembangan teknologi secara umum. Karena KD nya adalah mengevaluasi teknologi yang berkembang di Indonsia.

Sesi berikutnya kelompok 1 dengan materi “ Dunia pada masa Perang Dingin “
Analisis keterkaitan adalah dengan KD 3.1, 3.2, 3.3.
Untuk 3.1. dimodul sdh cukup relevan
Untuk 3.2.masihterdapatkekurangan , terutamaulasansejarahperkembangan OKI, AFTA dan NAFTA.
Untuk 3.3. dalam modul hanya ada 2 bagian sehingga perlu ada pengembangan sesuai dengan KD nya.

Disamping itu juga dipaparkan tentang bahan ajar yang dapat digunakan dlm pembelajaran. Yang kemudian ditanggapi oleh peserta keterkaitan KD dengan materi di modul. Terutama menyangkut beberapa peristiwa terbaru baik terkait dengan KAA, konflik beberapa Negara di timur tengah.

Sesi terakhir kelompok 6 dengan materi masa Reformasi ( KD 6 )
Kajiannya korelasinya : terkait dengan KD 3.6. dlam bentuk mengevaluasi pemerintahan masa Reformasi.
Pada modul materi sdh cukup memadai walaupun untuk guru dapat dikembangkan lagi dengan sumber lain dan perlu dilengkapi dengan beberapa gambar.
Dilihat dari struktur penulisan perlu ditenjau ulang karena ada beberapa yang belum kronologis serta disesuaikan dengan silabus
Diskusi dan tanyajawab berakhir pukul 16.15. sambil mimum kopi, peserta langsung mendapatkan materi dari Prof Dr. Susanto Zuhdi. ( UI )

Prof Dr. Susanto Zuhdi : Pengayaan Materi kelas XII
Paparan dimulai dengan “ Ada apa dengan sejarah “ sehingga orang mengatakan belajar sejarah itu penting . Tidak ada di Departemen selain Direktorat Sejarah. Oleh karena itu juga pembelajaran jam sejarah menjadi bertambah dalam kurikulum 2013.
Ada masalah ketidakjelasan antara konsep dan tujuan mp sejarah wajib dengan sejarah peminatan. Ruang materi tumpang tindih, terkait juga keluasan/kedalaman materi.
Hakekat Sejarah
Ranah obyektif : ilmu, teori dan metodologi
Ranah subyektif ? pemaknaan terhadap perjalanan bangsa dlm mewujud cita-citanya dengan karakter keragaman masyarakat dan budaya serta geografis.
Sejarah tidak seperti ilmu-ilmu social lainnya. Sejarah merupakan ilmu tentang waktu, memiliki diakronis. Sejarah dapat merangkum dimensi ilmu social lainnya.
Kondisi geografis Indonesia yang sebagian adalah laut ( beda dengan pengertian Archipelago = laut yang besar ) ada beberapa info yang muncul laut yang ditaburi pulau-pulau, jangan lupa daratan, dll.
Pemahaman antara bahari dengan maritim, ( bahari = masa lalu ; cantik)
KAA dalam pentas Global, Perjalanan bangsa – Integrasi bangsa – Rev. Teknologi.

Paparan Prof Susanto dipotong untuk sholat .
Kemudian pukul 17.55 dilanjutkan lagi sampai pukul 18.01 . setelah paparan lanjutan dengan tanyajawab.
Ada sejarah yang diingat, sejarah yang digali, sejarah yang ditemuciptakan .
banyak hal yang diuangkappkan oleh Profesor uang menbangkitkan peserta ingin tahu lebih lanjut. sayangnya waktu yang tersedia sangat terbatas, sehingga hanya beberapa daeri peserta yang dapat terlayani oleh nara sumber.

Pada akhir kegiatan, disusun draf yang kemudian disepakati beberapa rekomendasi oleh peserta workshop dengan ditandatangani oleh Ketua MGMP Sejarah DKI Jakarta, serta perwakilan kelima wilayah DKI Jakarta. Rekomendasi tersebut diserahkan kepada Direktorat Sejarah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili oleh saudara Iqbal selaku penanggungjawab kegiatan.
Rekomendasi yang disusun dan disepakati adala melengkapi rekomendasi yang telah diajukan tahun 2014 dengan revisi dan melengkapi beberapa bagian.

H.Kesulitan
Panitia mengalami kesulitan dalam penyebaran informasi / undangan kepada para peserta karena sempitnya waktu antara terbitnya surat undangan dengan waktu pelaksanaannya . Sehingga tidak semua undangan sampai ke alamat , tidak semua guru yang diundang dapat hadir. Walaupun undangan sdh disampaikan melalui SMS, Email dan fax.

I.Hasil Pelaksanaan Kegiatan
Hasil dari kegiatan :
1.Nilai pretest
2.Pateri paparan
3.Rekomendasi

J.Saran – saran
1.Program kegiatan dirancang dengan jarak waktu yang memadai siehingga informasi tersebar merata.
2.Kapasitas/volume peserta bisa lebih banyak
3.Rancangan kegiatan disesuaikan dengan kebutuhan guru dan siswa
4.Yang lain dalam rekomendasi.

III.PENUTUP
Demikian laporan kegiatan workshop ini, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan ini. Mohon maaf atas segala kekurangan.

Jakarta, 15 Agustus 2015
KOORDINATOR PANITIA DAERAH

WARSONO, M.Pd

daftar hadir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s